Sunday, March 4, 2012

Tips memasak untuk ibu sibuk

Kegiatan memasak untuk mereka yang sibuk terkadang terasa sungguh merepotkan. Jajan di luar sih sah-sah saja, tapi kalo tiap hari jajan kan tidak bagus, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kantong hehe.. Berikut adalah tips memasak untuk ibu sibuk.



1.Buat daftar menu mingguan
Membuat rencana menu mingguan sangat membantu untuk menentukan apa yang harus anda beli. Jangan sampai beli ini itu tapi akhirnya tidak terpakai dan terbuang. Sayang banget bukan. Tempatkan menu sayuran yang mudah layu (toge, kol...) di awal minggu, sedangkan sayuran yang lebih awet (wortel, kentang...) belakangan.

2. Belanja mingguan
Akhir minggu saatnya untuk belanja. Gunakan daftar menu yang sudah anda susun untuk belanja sesuai kebutuhan.

3. Masak mingguan setengah jadi
Olah bahan masakan hingga setengah jadi, lalu simpan di freezer. Anda tinggal melakukan finishing saat ingin menyantapnya. Tulang iga dan daging sapi bisa di presto dulu, baru dibekukan di freezer. Saat akan dimasak tinggal memberi bumbu tanpa perlu merebus lama. Atau misalnya langsung dibumbui pun oke2 saja, misalnya ayam dibumbu ungkep, daging empal, dll. Saat akan makan praktis tinggal menggoreng saja.
Berikut contoh resep yang bisa dipakai untuk menerapkan tips ini, yaitu  menggunakan daging dan iga presto empal gepukiga bakar pedas manissup iga sapi

4. Siapkan bumbu dasar
Anda bisa menyiapkan bumbu dasar dalam jumlah cukup untuk dipakai sewaktu-waktu. Seperti bawang putih dan merah halus, cabe giling, ataupun bumbu2 lainnya. Walaupun secara pribadi saya lebih suka yang segar karena aromanya lebih harum dan rasanya juga lebih tajam, tapi menyiapkan bumbu dasar seperti ini akan sangat menghemat waktu anda.

4. Bagi per porsi sekali makan
Bagi bahan makanan sejumlah porsi sekali makan. Ini untuk menghindari makanan cepat membusuk karena proses keluar masuk freezer berkali-kali.

5. Gunakan kemasan khusus makanan yang kedap udara.

6. Jangan lupa untuk memberi tanggal
Atur penyimpanannya sesuai urutan tanggal. Tanggal terbaru letakkan paling belakang.

7. Siaga bahan makanan darurat
Siapkan bahan makanan darurat favorite keluarga anda. Telor, french fries, nugget, baso kemasan, ikan kalengan atau apapun itu.

Semoga tips memasak untuk ibu sibuk ini bisa membantu.
Sajikan cinta dari dapur anda :)


No comments:

Post a Comment