Monday, April 5, 2010

Tips hemat di jepang

Konnichiwa..halooo..:)

Biaya hidup di jepang mahal? emberrrrrr.. :)
Dulu, awal2 datang ke Jepang, saya tidak terlalu memperhatikan masalah harga. Boro-boro untuk mikirin tips hidup hemat di jepang. Ya iyalah, karena datangnya selalu dlm misi tugas kantor, maka semua akomodasi termasuk makan dan berobat ditanggung oleh kantor. Apalagi masa tugas cuma sebentar; 1-2minggu, 2bulan, n yg paling lama cuma 6bln. Pokoknya, belum sampe stress dah pulang :) Uang saku walopun ga banyak tapi kan cuma untuk keperluan pribadi. Pusingnya cuma satu, mikirin list omiyage (oleh2) utk orang di kampung :P

Tapi sekarang, untuk waktu yg ga bisa dibilang sebentar, kami sekeluarga harus tinggal disini. Listrik, gas, air, makan, transport, smua harus bayar sendiri..huwaaaaa..nangis bombay eh nangis udon..(biar lebih jepang hehe)
Masih inget di awal2 dateng, beli apa2 pasti dirupiahin dulu (maklum, masih rupiah minded), trus ujung2nya cuma bisa geleng2 n niruin suara cicak ck..ck..ck.. Setelah beberapa lama, belajar dr pengalaman, berguru di tv, or dapet bisikan ilmu dari tetangga, ada beberapa poin yg bisa dilakukan utk menghemat pengeluaran..

Mau tau..mau tau..? Ini dia..
1. Point card
Biasanya toko2 besar menyediakan point card atau kartu belanja, yang mencatat poin belanja kita. Biasanya bila sudah mencapai poin/stamp yg ditetapkan, bisa ditukar dengan voucer belanja di toko tsb. Malah ada toko yg pada tgl tertentu memberikan poin beberapa kali lipat poin normal. Usahakan belanja pd tgl tsb.

2. Kupon diskon (chirashi)
Kupon diskon sering diselipkan di dlm kotak surat atau dibagikan langsung di toko.
Lumayan diskon 10-20% untuk produk2 konsumsi harian.

3. Belanja menjelang tutup toko
Orang Jepang sangat mengutamakan kesegaran barang. Bahan makanan yg masih tersisa hingga malam hari, biasanya akan didiskon. Padahal kondisi sayur dll yg didiskon masih sangat bagus n layak konsumsi.
Untuk makanan siap saji yg dijual di dlm toko jg demikian, toko akan memberi label sudah berapa jam makanan tsb selesai diproses. Misalnya: dimasak 2jam yg lalu, dst. Biasanya makanan yg telah melewati 5-6jam akan didiskon. Untuk para single yg jarang masak dirumah, makanan ini bisa jadi pertimbangan.

4. Survey dan compare harga
Tiap toko biasanya memiliki hari2 tertentu untuk diskon. Misalnya toko A diskon telor pada hari selasa, toko B diskon susu pada hari senin, dsb. Buat catatan hari diskon mereka, usahakan belanja pada hari tsb. Lumayan, telor yg biasa harga 198yen (20rb) isi 10butir pada hari diskon bisa menjadi setengah harga.

5. Bazar dan toko second
Rajin2 cari info bazar. Barang2 di bazar biasanya murah, apalagi menjelang jam berakhir harga bisa turun sampai 75%, itupun masih bs ditawar plus dapat bonus :)
Atau cari lokasi toko second terdekat. Lengkapnya silahkan liat juga post sebelumnya: toko barang bekas di jepang

6. Belanja di toko grosir
Belanja grosiran emang lebih murah tapi quantity nya jg ga nanggung2, maklum namanya jg toko grosir dg target pasar pemilik rumah makan n sebangsanya. Tapi ada triknya kok, belanja beramai2 bareng teman jadi satu item bisa dibagi berapa orang. Atau kalau misalnya tidak ada teman untuk diajak berbagi, masih bisa diakali kok, belanjaan yang porsi besar tadi (misalnya daging) dibagi2 dulu ke dlm kantongan plastik untuk seporsi masak, lalu simpan di freezer.

7. Belanja di internet atau ikut lelang
Seringkali barang yg dijual di internet harganya lbh murah dari pasar normal. Apalagi bila bisa ikut program lelang. Tapi hati2, terkadang ongkos kirim n administrasinya lebih mahal daripada harga barangnya. Dan khusus untuk barang bekas, harus dicek dulu kondisinya melalui telpon.

8. Bepergian di musim liburan
Kebalikan dg negeri sendiri, di jepang season liburan merupakan ajang service utk masyarakat. Objek2 wisata berlomba2 memberikan diskon bahkan tidak sedikit yg mjd gratis. Kereta api jg memberi penawaran khusus, tarif tol turun, dsb..dsb.. Jd manfaatkan momen liburan utk bertamasya.

Segitu dulu tips hemat di jepang nya, silahkan ditambah utk yg punya tips lainnya.
Dan semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment