Tuesday, April 10, 2012

Tips Hemat Uang Bulanan ala Mamae Nadine

*gambar dari google
Jadi ibu rumah tangga dituntut pintar mengatur keuangan. Terlebih dengan kondisi harga barang yang terus merangkak naik dan kebutuhan yang bertambah banyak. Berikut tips berhemat uang bulanan yang biasa saya terapkan.

1. BELI BAHAN KEBUTUHAN HARIAN DI TEMPAT YANG TEPAT
Jangan disangka kalau barang di pasar harganya semua lebih murah daripada supermarket lho. Bahan makanan segar seperti sayur, buah, daging-dagingan dan sejenisnya memang lebih baik beli di pasar, karena selain harganya lebih murah juga lebih segar dan lebih banyak pilihan daripada supermarket maupun tukang sayur.

Tapi untuk bahan makanan pokok bermerk (bukan curah) seperti teh, minyak goreng, tepung, gula dll lebih baik beli di supermarket, karena harganya lebih murah terlebih saat ada spesial promo.

2. BELANJA BULANAN DARIPADA MINGGUAN
Beli barang kebutuhan bulanan satu kali dalam sebulan. Dengan cara ini anda juga akan berhemat biaya-biaya lainnya: bensin, tol, parkir. Tentukan jadwal belanja bulanan anda, misalnya minggu pertama setelah gajian. Biasanya pada tanggal muda supermarket banyak yang mengadakan promo tapi dilain pihak kenyamanan belanja juga berkurang karena ramainya pengunjung.

3. BUAT LIST BELANJA
Buat daftar barang yang akan anda beli. Ini akan membantu anda terhindar dari membeli barang di luar kebutuhan.

4. BUAT KARTU ANGGOTA SUPERMARKET
Beberapa supermarket menawarkan keanggotaan dengan banyak keuntungan. Misalnya diskon tambahan untuk produk tertentu ataupun fasilitas lain yang tidak didapat oleh bukan anggota.

5. MAKAN DULU SEBELUM KELUAR
Tips ini pertama saya dengar dari satu acara tv di Jepang. Dikatakan kalau perut lapar membuat kita kalap dalam belanja. Biaya makan diresto saat ini tidak murah, bisa mencapai ratusan ribu rupiah sekali makan. Tapi lain halnya bila anda memang sudah merencanakan untuk bersantap di luar.

6. TES KEINGINAN VS KEBUTUHAN
Tunda seminggu dua minggu sebelum anda memutuskan untuk membeli suatu barang diluar kebutuhan rutin, untuk mengetahui apakah itu benar butuh atau sekedar ingin :)

7. BAYAR TAGIHAN BULANAN TEPAT WAKTU
Terdengar sepele tapi kalau tidak dilakukan ada banyak kerugian seperti denda keterlambatan atau bahkan resiko biaya pasang baru. Termasuk juga tagihan kartu kredit, untuk menghindari bunga sebaiknya lunasi seluruh tagihan sebelum jatuh tempo.

8. MASAK DAN BUAT CAMILAN SENDIRI
Diluar cicilan rumah dan mobil, budged terbesar dari uang bulanan adalah makanan. Masak sendiri akan jauh menghemat biaya makan. Selain sehat juga bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan keluarga.
Bagi ibu yang juga berkarier dan sibuk, anda bisa melihat tips memasak untuk ibu sibuk yang sudah saya pos sebelumnya.

Anda bisa mengadopt tips berhemat yang sekiranya cocok untuk kondisi anda :)
Semoga bermanfaat.



1 comment: